-->

Cara Menghubungkan Layar HP Android ke TV LED Tanpa Kabel

Cara Menghubungkan Layar HP Android ke Layar TV
Hallo teman-teman sahabat noprizal-it. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menghubungkan layar HP ke TV LED tanpa kabel. Menonton video streaming youtube menggunakan perangkat TV tentu akan lebih seru apa lagi bermain game seperti mobile legends, playerunknows bettle grounds (PUBG)dan game lainnya. Ini dikarenakan audio dan visual TV jauh lebih besar dibandingkan menggunakan HP. Selain itu ketika saya coba menampilkan visual game dilayar TV rasanya wah luar biasa.

Untuk menyambung visual dan audio HP di perangkat TV ada beberapa cara yang bisa dilakukan tergantung dari jenis TV itu sendiri. Kebetulan TV yang saya gunakan saat ini adalah TV LED biasa. Jadi bukan SmartTV yang sudah memiliki fitur screen mirroring. Biasanya pada TV LED dari semua macam merk sudah menyediakan fitur untuk terhubung dengan berbagai perangkat melalui port usb dan juga HDMI. Seperti contoh pada bagian belakang TV LED merek LG saya ini sudah tersedia port usb dan juga HDMI. Maka untuk menyambungkannya ke perangkat smartphone kita memerlukan sebuah alat tambahan. Ada dua pilihan alat yang bisa digunakan.

Baca Juga : Cara Ngerjain Teman Menggunakan WhatsApp

Yang pertama adalah dengan menggunakan kabel koneksi HDMI MHL TV. Namun cara ini tidak saya rekomendasikan karena penggunaannya agak ribet dan tidak semua perangkat smartphone yang bisa support. Alat kedua yang biasa saya gunakan dan menjadi pilihan adalah dengan menggunakan HDMI Dongle. Penggunaan alat ini lebih praktis karena tidak perlu menyambungkan kabel dari HP ke perangkat TV. Untuk mendapatkannya teman-teman bisa beli secara online. Harganya sekitar Rp. 125.000,-.
Perangkat HDMI Dongle

Didalam HDMI Dongle tersebut terdapat sebuah perangkat HDMI Dongle AnyCast. Bagian depannya berbentuk konektor HDMI yang nanti akan kita sambungkan ke port HDMI yang ada dibelakang TV, kemudian ada Led indicator, dan di belakangnya terdapat sebuah port untuk dihubungkan ke adaptor charger atau bisa juga ke port yang ada di usb TV. Kemudian di dalam kotaknya ada sebuah kabel bercabang dua. Ujung satunya untuk dihubungkan ke perangkat HDMI Dongle, sementara 2 cabang kabel dibawahnya disambungkan ke sport WIFI dan juga port usb yang ada di TV.

Cara Menghubungkan layar HP ke TV Tanpa Kabel

  1. Masukkan Dongle HDMI ke Port HDMI yang ada dibelakang TV. Lakukan pemasangan dengan hati-hati karena kaki portnya sangat banyak.
  2. Selanjutnya masukkan konektor usb ke port usb yang ada di TV. Dan jika port USB ini tidak ada di TV teman-teman maka bisa menggunakan adaptor charger untuk penggantinya
  3. Ok jika semua perangkat sudah dipasang dengan benar maka lampu indicator yang terdapat di perangkat HDMI Dongle akan menyala. Ilustrasinya seperti berikut :
    Ilustrasi Pemasangan Kabel HDMI Dongle
  4. Sekarang silahkan teman-teman nyalakan TV nya.
  5. Setelah TV menyala kemudian pada remote controlnya kita tekan “Input/Source”.
  6. Kemudian pilih menu HDMI yang terdapat di TV. Bisa HDMI 2 atau HDMI 1 (tergantung dimana teman-teman masukkan port HDMI nya tadi)
  7. Selanjutnya setelah perangkat HDMI Dongle yang tadi kita pasang terbaca oleh system. Silahkan teman-teman ambil smartphone yang ingin di hubungkan.
  8. Untuk menyambungkan layar HP ke TV kita download terlebih dahulu aplikasi bantuan yaitu “Miracast-Wifi Display”. Silahkan teman-teman download di playstore.
    Aplikasi Miracast untuk menghubungkan HP ke TV melalui jaringan WIFI
  9. Setelah di download dan di install kemudian teman-teman buka aplikasinya dan tekan tombol Connect yang ada di dalam aplikasi  untuk mencari sebuah WIFI yang ada di Dongle HDMI. 
  10. Selanjutnya didalam aplikasi akan di temukan sebuah sport layar nirkable bernama AnyCast. Lalu pilih Anycast tersebut.
  11. Jika sudah terhubung maka tampilan dilayar TV sudah tampil seperti layar di HP kita
Kecepatannya hampir sama persis walaupun sebenarnya ada sedikit terlambat. Dan ketika kita melakukan cara ini maka suara HP akan hilang sama sekali dan pindah ke TV jadi suara yang terdengar adalah berasal dari TV.

Baik teman-teman itu dia tutorial singkat cara untuk menghubungkan layar di HP android ke perangkat TV LED. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua dan terimakasih banyak sudah mampir ke blog ini. Jika teman-teman ada keluhan tentang pemasangannya mohon tinggalkan komentar dibawah artikel ini. Agar dapat kita atasi dengan cepat. Jangan lupa untuk share kepada teman-teman yang lainnya. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel